Wednesday, June 18, 2014

Desain Rumah Jepang – Paduan Gaya Tradisional dan Modern

Rumah ala Jepang memiliki ciri khas yang membuatnya bisa langsung dikenali, dan menjadi inspirasi desain rumah modern. Desain rumah Jepang memberi ciri khas pada sebuah hunian karena beberapa ciri khas; adanya keseimbangan antar elemen keindahan dan kesederhanaan, ruangan yang luas, akses ke pemandangan luar yang cukup besar serta unsur kebersamaan yang memberi ruang untuk berkumpul dengan akrab bagi penghuninya, sesuai tradisi kekeluargaan orang Jepang.

Desain Rumah Jepang: Luas dan Elegan

Ciri khas rumah tradisional Jepang adalah diterapkannya filosofi yang disebut Sabi, yaitu keseimbangan dalam desain dan dekorasi. Filosofi ini ditunjukkan dengan perabot dan dekorasi yang tidak terlalu sesak, serta saling mengisi satu sama lain. Ruangan ala Jepang biasanya cukup simpel, dengan dekorasi sederhana seperti lukisan dinding, aksen pada pintu geser, tatami, meja, bantal duduk, dan lampu. Dekorasi tambahan seperti vas, jam, lemari, TV atau rak pedang disesuaikan dengan aktifitas penghuninya.

Ciri khas rumah tradisional Jepang ini masih banyak diterapkan di jaman sekarang, bahkan oleh mereka yang menempati rumah modern di perkotaan Jepang. Bahkan, inspirasi ini juga diterapkan dalam desain modern karena memberi kesan lapang dan rileks bahkan di rumah yang ukurannya tak begitu besar.






Tips Desain Interior Rumah Jepang

Ingin menerapkan desain interior rumah Jepang di rumah Anda? Anda bisa memberi sentuhan modern dengan menggunakan pintu geser model French Door sebagai ganti pintu geser kertas ala Jepang. Sediakan meja rendah ala Jepang di ruang duduk, di atas lantai kayu yang ditinggikan. Gunakan ruang seefektif mungkin dengan sofa minimalis menempel di dinding, perabot kayu sederhana dan lukisan ala Jepang, dengan menyisakan ruang di tengah.

Orang Jepang secara tradisional memiliki konsep kekeluargaan kental; walau semua anggota keluarga sibuk, makan bersama menjadi acara yang tak boleh dilewatkan bersama. Anda bisa membuat ruang makan ala Jepang dengan kursi dan meja kayu, hiasan minimalis, dekorasi lukisan ala Jepang dan bahkan bonsai atau rangkaian bunga di vas ala Jepang sebagai hiasan. Desain interior rumah Jepang dijamin akan membuat suasana dalam rumah terasa lapang dan damai.

No comments:

Post a Comment